Hello Goodbye

Posted by lubisstone.com

Percaya nggak kalau gue bilang, gue nonton film ini tanpa rencana? Beneran nggak pake ciyuss. Tadi, sekitar jam 8 malam, gue iseng buka situs 21cineplex.com mau nyari kabar film baru nih. Oke selalu mulai dengan Empire XXI karena gue ngarep Breaking Dawn Part 2 akan mulai sepi penonton dan jumlah studio yang dipake cukup satu saja dan film-film lainnya bisa diputer. Gue terpaksa kecewa karena list film masih sama.
Gue nyoba ke 21 Studio, nggak banyak ngarep, secara gue emang lagi nggak nunggu film lokal yang mana pun juga, kecuali satu, Hello Goodbye. 
Dan OMG!
Hello Goodbye udah diputer! Mungkin ini perdana atau hari kedua. Gue pun tanpa mikir panjang langsung berangkat, masih sempat untuk pemutaran terakhir 20.40.
Film ini jadi pembuka Festival Film Busan 2012, so that’s I’m waiting for it. Kalau baca ringkasan ceritanya, actually gue nggak melihat ada yang istimewa, tapi tetep aja gue pingin nonton.
Waktu gue beli tiket, gue kaget juga dengan tempat duduk favorit gue, yang barisan A, hampir penuh dan hanya tersisa 1 kursi. Nah ini emang buat gue nih. Dan gue nggak tahu kok bisa setengah dari studio 2 terisi. Buat ukuran film lokal, ini hebat loh. Dan sepertinya ada sebuah stasiun radio yang menyelenggarakan ya mungkin semacam kuis dengan hadiah tiket kali ya karena gue melihat ada semacam meja registrasi di dekat pintu studio.
Hello Goodbye ini settingnya di Busan, Korea. Sebuah kota pelabuhan yang menurut gue cakep banget. Kotanya modern dan nuansanya samalah dengan film-film Korea pada umumnya.
Tokoh utama film ini adalah si cantik bintang iklan Lux (dan produk ini ikut jadi sponsor pastinya) Atiqah Hasiholan sama Rio Dewanto, aktor yang cukup sering main film (sori gue nggak gitu tahu ni orang pernah main film apa aja). Atiqah memerankan seorang pejabat KBRI yang hidupnya membosankan. Ia tipe orang yang bekerja keras untuk mencapai banyak target tapi belum ada satu pun yang tercapai. Dia seorang perempuan yang kaku dan sangat birokratis.
Sementara Abi adalah seorang ABK kapal Singapura yang sangat menikmati hidup. Dia orang yang fokus dengan proses pencapaian. Beda sama si Indah tadi. Pertemuan Abi terjadi ketika dia terkena serangan jantung saat kapalnya melintasi Busan. Dia pun ditangani oleh pihak KBRI dan Indah diutus untuk mengurusnya.
Awalnya hubungan mereka sangat kaku, apalagi Abi itu banyak bertingkah, mulai dari nggak mau makan, nggak mau minum obat, sampai suka marah-marah. Karena tuntutan tugas, Indah berusaha menghadapi sikap Abi. Kemudian ada proses di mana keduanya mulai bisa mencair bahkan mulai jatuh. Sampai di sini, gue udah tahu ujung dari film ini ke mana, tapi buat gue tonton aja filmnya sampe abis.
Film ini meski drama tapi sanggup memancing tawa penonton dengan ekspresi-ekspresi maupun kata-kata keduanya. Dan itu dengan cara-cara yang sederhana. Kadang juga, mereka melontarkan ungkapan-ungkapan yang mengiris-ngiris hati (healah) sampai langsung gue tweet. Contohnya ini: “memaki perpisahan sama aja kamu mengutuk pertemuan.” Ini adegan ketika mereka hampir pisah karena Abi akan dipulangkan ke Indonesia untuk perawatan lebih lanjut. Ceritanya, Abi nggak pingin sebenernya pulang, tapi mo gimana lagi coba?
Terus, yang juga gue langsung tweet adalah kalimat, “Indah, nama kamu Indonesia banget.” Dan kalimat ini bikin penonton ketawa. Ucapan sederhana sebenernya.
Over all, gue suka sama film ini, sinematografinya emang bagus banget. Soal akting, Atiqah dan Rio udah nggak usah dibahas. Mereka nyatu banget sama karakter masing-masing. Cuma gue merasa, film ini jadi minus ketika tahu bahwa kebersamaan mereka itu hanya sebulan padahal begitu banyak hari yang mereka habiskan bersama. Tentang ending, gue nggak komentar deh.  
Hello Goodbye gue rekomendasikan buat ditonton karena selain film yang punya prestasi di festival sudah dipastikan bagus, scene demi scene semuanya dikemas menjadi begitu hypnotizing hingga nggak kerasa hampir dua jam durasinya. Ini di luar nilai plus kecantikan Atiqah dan ketampanan Rio lohh. Gue objektif sebagai seorang pencinta film.
So, jangan sampe nggak nonton deh!!      

Yogyakarta, 29 November 2012

Tonton trailernya:




Related Post



Oky @ Kumpulan Sinopsis said...

Halooo~
Saya mau pasang novel Maria Tsabat di <a href="http://sinopsisuntukmu.co.nr/>blog saya</a> karena Diva mau bagiin buku ini sbg hadiah Giveaway. Tapi saya kekurangan informasi soalnya sinopsis di blkg cover buku ga menjelaskan isi secara keseluruhan.

Boleh minta izin copas review ini dari Anda ga? (tentu saja nanti saya pake credit ini di ambil dari blog Anda)

Makasih :D

Oky @ Kumpulan Sinopsis said...

Oh, ya ampun.. saya salah komen #plakk
Maksud saya yg novel Maria Tsabat, maaf ya.

Post a Comment